Labels

Minggu, 30 September 2012

Perjalanan dan Biaya Ziarah Walisongo (bagian 1)

Hampir satu bulan telah berlalu, saat saya melakukan perjalanan rohani (ziarah Walisingo plus) bersama rombongan, kali ini saya hanya berangkat bersama rombongan 1 bus, dengan armada madu kismo tahun keluaran 2011 oleh salah satu karoseri yang ternama di Semarang. Tepatnya pada jam 07.00 WIB bus memulai bergerak untuk mengawali perjalanan ziarah kami. Pertama kali yang kami singgahi adalah makam Mbah Sunan Mbonang Tuban, maklumlah karena memang kedekatan emosional dengan mbah mbonang, jadi tempat ini pertama kali yang kami tuju.
Menurut mitos kalau orang Tuban mau ziarah walisongo tapi tempat yang di tuju pertama kali bukan mbah mbonang, maka dalam perjalanannya akan banyak hambatan. Tapi Wallohu A'lam, semua takdir sudah ada yang ngatur. Bukan berarti kami berziarah disini
karena adanya mitos tersebut, tapi karena memang kami ingin memudahkan planing perjalanan ziarah kami. Pada waktu itu bis kami parkir di Area parkir Pantai Boom Tuban, dengan biaya restribusi sebesar Rp 30.000. Jadi bis kami tidak parkir di area parkir terminal wisata sunan bonang yang ada disebelah timur pasar baru tuban. Karena kami parkir di area parkir pantai boom tersebut, jadinya kami hanya berjalan untuk menuju lokasi makam, karena jaraknya memang dekat, sekitar 300m, tidak harus naik becak sebagaimana kalau kita parkir di area parkir terminal wisata. Setelah sampai di lokasi makam, kami sangat terkejut, karena setelah hampir setengah tahun tidak ziarah disini, ternyata area makam ini telah banyak mengalamai perubahan. Jadi pada waktu itu baru saja selesai renovasi dan pavingisasi pada lokasi sekitar makam. Di sekitar lokasi makam banyak pula toko2 yang menjual berbagai macam pakaian batik (khas Tuban, namanya batik gedok), ada juga warung2 yang menjual keperluan perut kita kalau sedang keroncongan. Selanjutnya setelah selesai berziarah, kami pun kembali ke tempat parkir bus, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ziarah kami. (bersambung)

Biaya uang dikeluarkan untuk rombongan 1 bus besar.
1. Parkir : Rp 30.000,- 
(karena parkir di area parkir pantai boom, kalau parkir di terminal wisata sekitar Rp 60.000,-)
2. Mengisi buku tamu dan Amal jariyah : Seikhlasnya (bisa 20ribu, 30 ribu, dst)

Tidak ada komentar: